OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group.
OpenGL adalah suatu graphics library yang sebagian bersifat open source, dapat dipakai pada banyak platform (Windows ataupun Linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler bahasa pemrograman seperti C++, Delphi ataupun VB. Jadi dengan kata lain OpenGL adalah sebuah library tambahan yang dapat ditambahkan dalam berbagai platform dan bahasa pemrograman yang berbasis graphics.
Dalam membuat sebuah graphics dalam Visual C++ tidak dapat naksimal karena kurang mendukungnya library-library yang dimiliki Visual C++ untuk membuat sebuah graphics, maka dibutuhkan suatu library graphics seperti OpenGL. Selain alasan ditas penggunaan OpenGL pada Visual C++ adalah untuk memudahkan dan agar lebih efisien dalam pembuatan sebuah graphics.
Oleh karena itu dsini saya akan mencoba memberikan cara – cara menambahkan atau mengkonfigurasi OpenGL pada Visual C++. Dalam hal ini Visual C++ yang digunakan adalah Visual C++ 6.0.
0 komentar:
Posting Komentar