Komputer grafik Pertemuan 1
Dalam computer ada 2 mode yaitu mode grafik dan mode teks. Mode grafik terdiri dari vector yang tersusun atas formula matematika dan raster (bitmap) yang tersusun dari pixel.
Computer grafik sangat banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa pihak yang membutuhkan penerapan computer grafik diantaranya :
Movie industry : penggunaan motion capture untuk animasi pada film
Game developer : computer grafik untuk pembuatan game
Medical : misalnya untuk mendeteksi jenis kelamin bayi, penerapan sinar X (rontgen)
Science :
Engineering developer :
Semua gambar vector berdasar pada aljabar linier, sehingga tidak terpengaruh pada scratch, yang artinya gambar vector tidak akan mengalami penurunan gambar pada saat gambar diperbesar. Aplikasi gambar vector pada lomputer grafik adalah :
Simulators (flight, driving)
Mechanical CAD (computer aided design)
Architevtural vizualitation
Advertising
Contoh nyata penggunaan computer grafik :
Kinect, adalah merupakan suatu titik pada gambar yang digunakan sebagai kontrol untuk menggerakkan animasi/model pada game konsol X-Box tanpa menggunakan suatu alat apapun, sehingga hanya dengan kita registrasi dengan model lalu setelah terjadi kecocokan apapun gerakan kita maka akan ditirukan oleh model pada game tersebut. (kinect terletak pada persendian tubuh).
Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan computer grafik diantaranya adalah :
Biaya yang murah
Dapat melakukan apa yang tidak bias dilakukan dalam dunia nyata
0 komentar:
Posting Komentar