Transformasi adalah proses perubahan, perpindahan suatu objek sehingga objek tersebut memiliki semacam bentuk atau posisi yang baru. Pada OpenGL terdapat beberapa tipe Transformasi diantaranya adalah :
- Modeling Transformation : memodelkan transformasi dengan cara menggerakkan objek disekitar layar dan juga merubah objek dalam satuan koordinat lokal menjadi koordinat yang umum. Maksudnya adalah proses transformasi tertuju pada posisi dan orientasi pada pergerakan, perputaran, dan ukuran objek
- Viewing Transformation : tipe transformasi ini memanfaatkan posisi kamera dan cara pandang objek tersebut sehingga jika dilakukan transformasi, maka yang akan melakukan transformasi adalah kamera atau cara pandang objek tersebut
- Project Transformation : Transformasi ini berfokus pada isi/volume dari objek tersebut dan batasan pandangan dari layar yang ada.
- Viewport Transformation : Transformasi ini memetakan koordinat yang terbuat kaena transformasi perspektif pada permukaan layar, Kita juga bisa membayangkan ini sebegai hasil akhir yang mampu memperbesar ataupun memperkecil objek tersebut, atau yang sering kita lakukan adalah seperti melakukan zoom in atau zoom out pada suatu objek, karena pada dasarnya ukuran dari objek tersebut tidak berubah, melainkan cara pandang kita memaksa kita untuk melihat objek tersebut menjadi objek yang lebih besar.
Pada dasarnya, operasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan model transformasi ada 3, yaitu :
- Translation : Pemindahan Objek ke posisi yang baru
- Rotation : Proses memutarkan objek
- Scaling : Memperbesar dan Memperkecil Objek, disini kita bisa merubah ukuran objek tersebut tidak harus seragam antara panjang, lebar atau tingginya, sehingga kita bebas untuk me-resize objek yang telah kita buat
0 komentar:
Posting Komentar